Pesaing Anda Banting-Banting Harga?

Ada yang curhat nih seperti biasa… ^_^

Nanya dong Bang Motty,

kalo ada yang jual dengan produk sama dengan kita, dan harga lebih murah. Strategi nya apa ya? apa harus ikutin turun harga?

Jual dengan offline maupun online. Produknya berupa Jual Inject kuota internet untuk semua provider gsm/cdma awalnya berjalan mulus krn saingan yang tipis, tapi makin kesini udah banyak banget. Bahkan temen sendiri ikut jualan yg sama dengan harga yang jauh lebih murah bikin sesek dan sedikit sedikit pelanggan juga mulai pindah.

Menurut bang Motty gimana? Apa ada strategi dengan tanpa ikutan banting harga? Krn tanpa banting hargapun profitnya ga seberapa sebetulnya.

 

Pesaing Banting Harga? ^_^

Anda mungkin sudah pernah denger cerita Bang Motty di awal bisnis ya?
Yang di bulan pertama omzetnya langsung 200juta itu lho..
Inget?

Nah, itu kondisinya kurang lebih sama..
Awalnya persaingan sama sekali ngga ada
Bang Motty megang pasar nomer satu karena belom ada yang lihat celahnya
Enak banget, bisa seenaknya tentuin margin (keuntungan)

Sampe suatu hari, muncul “toko sebelah” dengan bantingan harga yang fenomenal ^_^
Alhasil, usaha sama keras, tapi hasil mengecil karena kalo ngotot di harga yang sama, pembeli berkurang
Kalo turunin harga, keuntungan akan berkurang

Apa yang harus dilakukan?

Anda bisa pilih dari dua alternatif berikut:

  1. Pikirkan cara untuk perbesar volume (jumlah penjualan)
  2. Banting stir bikin bisnis lain yang lebih memungkinkan Anda memberikan NILAI TAMBAH

 

Alternatif pertama.. 

Harga ikutin harga pasar, tapi pikirkan cara untuk memperbesar jumlah penjualan (10x lipat, 100x lipat, 1000x lipat, dst)
Di sini kreatifitas Anda di PAKSA keluar

Misal: Anda bangun pasukan reseller
Anda latih berjualan (karena sebelumnya Anda sudah paham cara berjualan, insyaALLAH akan mudah mengajarkan reseller melakukan yang sama)

Margin Anda per penjualan mungkin menipis, tapi karena jumlah penjualan menjadi lebih besar, keuntungan Anda akan ada di angka yang menyenangkan

Kreatifitas lainnya bisa juga: Anda buat “paket franchise inject kuota internet”
Dari sana Anda bisa dapet keuntungan dari penjualan juga
Atau kalopun penjualan tidak mendatangkan keuntungan, Anda sudah mendapatkan uang dari pembelian franchise bisnis Anda

Ini baru beberapa ide ^_^
Coba Anda pikirkan ide2 lainnya juga

Tapi percaya ini: saat Anda mulai #EKSYEN kan ide2 di lapangan, Anda akan KAGET!
Karena ternyata #EKSYEN Anda itu mungkin akan mendatangkan keuntungan lebih besar
Atau mungkin mendatangkan IDE MILYARAN yang sebelumnya Anda belum pikirkan
Atau kemungkinan2 indah lainnya ^_^

Itu salah satu uniknya bisnis
Banyak KEJUTAN indahnya ^_^

 

Alternatif Kedua…

Beratnya persaingan bisa jadi membuat Anda tersadar bahwa:
“Bisnis Anda ini jenis bisnis dengan keuntungan tipis, persaingannya berdarah-darah..”

…..

Penasaran sama lanjutan pembahasannya? ^_^

Anda boleh baca selengkapnya di #EmailCurhatBisnis, dengan mendaftar di: www.motivatweet.com/CurhatBisnis

GRATIS SEUMUR HIDUP solusi-solusi bisnis praktis dari Bang Motty, sesuai dengan kondisi nyata yang Anda hadapi di lapangan! ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *