Trend Bisnis via Socmed di 2015

Social media telah terbukti menjadi jalur pemasaran dan pembangun brand yang terbukti mumpuni. Tapi, apa saja yang akan terjadi di tahun 2015 ini?

Pertama, pebisnis akan lebih dituntut untuk menyediakan konten yang tepat, di waktu yang tepat, pada audiens yang tepat. Bukan lagi menargetkan kecepatan penyampaian informasi. Seperti yang Motty sampaikan sebelumnya (baca disini: Haruskah Main Semua Socmed?), kemampuan mendetilkan target pasar adalah kunci yang amat penting. Setelah itu, perlu dikombinasikan dengan pembuatan materi yang tepat dan disampaikan pada waktu yang tepat.

Kedua, dengan menurunnya angka “organic reach” (penyebaran konten socmed secara alami, misal: twitter dengan Retweet, facebook dengan share/like), maka pebisnis di “paksa” harus menyediakan budget khusus untuk pemasaran. Agak ngeselin juga sih, socmed yang harusnya memang punya kekuatan viral secara alami, di Facebook misalnya, algoritmanya sedikit banyak mematikan kekuatan viral alami dan ini memaksa kita untuk membayar Mark Zuckerberg lebih banyak uang, meski untuk menyampaikan pesan kita kepada fans dari fanpage yang kita bangun. Rese ya ^_^

social-marketing-trends-2015

Ketiga, angka pertumbuhan konten (materi, baik itu tulisan, foto, poster, atau video) menunjukkan angka yang luar biasa. Di sini, pebisnis harus lebih bisa lebih fokus mengukur keefektifitasan konten yang dibuat dan diluncurkan ke channel socmednya, dalam 3 faktor: 1) REACH, ukur siapa saja yang melihat konten, dari wilayah mana, dengan metode apa (desktop/mobile), dll. 2) ENGAGEMENT, ukur konten apa saja yang orang sukai, bounce rate dari website kita, click pattern (orang ngeklik bagian mana dari web kita atau topik-topik apa saja yang jadi favorit). 3) SENTIMENT, lihat bagaimana komentar orang-orang terhadap materi yang kita berikan kepada mereka (lihat komen tulisan kita di web, juga konten socmed, dll).

Keempat, mainlah di konten video! Ya, jumlah penonton video di Facebook telah melampaui penonton video di Youtube. Dan juga, banyak channel socmed lain, seperti instagram misalnya, yang juga sudah menyediakan cara untuk kita mengirimkan konten video. Yang sudah tentu lebih nampol daripada konten kata-kata dan gambar.

Kelima, jangan cuma mainan Facebook doang ^_^ Penyebaran pengguna socmed sekarang ini meluas. Dengan banyaknya tawaran keseruan di banyak socmed, target pasar kita jadi bisa memilih socmed yang paling ia sukai. Instagram misalnya, saat ini semakin banyak orang yang “berpindah” dari Twitter dan Facebook ke Instagram, malahan datanya, dalam 2 tahun terakhir, angka engagement di pengguna Instagram meningkat 416%. Pastikan kita melakukan 3 hal ini: 1) Ikuti apa mau target pasar kita (seperti yang Motty sampaikan di tulisan: Haruskah Main Semua Socmed?). 2) Ikuti trend yang terjadi di setiap socmed, karena masing-masing punya keunikan tersendiri. 3) Meski pendekatan setiap socmed berbeda, pastikan konten kita memiliki pesan dan nafas yang sama, supaya target pemasaran kita tercapai.

Aslilah, topiknya berat banget, nulisnya pake mikir abis-abisan.. muehehe ^_^ Semoga bermanfaat ya! Sebarin tulisan ini ke semua temen-temennya biar mereka ikutan tercerahkan ^_^

Eh iya, yang seriusan mau menyelami Bisnis Online lebih dalam, Motty berkolaborasi dengan jagoan bisnis online (papanya google, mamanya youtube, ini orang adalah kamus internet marketing berjalan… ^_^) >> Mas Fikry Fatullah (@fikryfatullah) melahirkan sebuah karya FENOMENAL!

Buku #BOM! (Bisnis Onine MILYARAN!)

“Menguak 7 Rahasia Milyarder Online”

Buku BOM - tombol klik

Berangkat dari pengalaman kami bertahun-tahun mempraktekkan segudang ilmu pemasaran dan branding internet, juga mewawancarai banyak pelaku bisnis online nasional (yang sekali klak-klik nambah di rekening tabungannya uang belasan-puluhan ribu dollar), kami menyusun POLA BISNIS ONLINE MILYARAN (asli bisa bikin yang melakukannya capai MILYARAN, ciyuuss.. enelaaan.. ^_^).

eh iya, ada BONUS senilai Rp.1.500.000,- untuk yang melakukan pemesanan dan mentransfer segera!! Info lebih lanjut? Silakan KLIK aja >> www.bit.ly/mottybom <<

Selamat menikmati indahnya Bisnis Online di tahun 2015 ya!

Resapi, Maknai, lalu #EKSYEN Bertubi-tubi! ^_^

See you in the MILYARAN!

~ Motty si Kompor Bisnis ~ 

www.MotivaTweet.com ~ Twitter / Instagram : @MotivaTweet ~ Facebook : fb.com/motivatweet ~ Line: @MotivaTweet (search ID ini dengan menyertakan kode “@” nya) ~ #BukuBOM (Bonus Senilai Rp.1,5 juta!) klik: www.bit.ly/mottybom

2 responses on “Trend Bisnis via Socmed di 2015

  1. Benar Mbah Motty :)
    Kapan Nikah? #eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *