Sang Penyelamat

The Savior, Sebuah Pengingat dari Manusia Penyelamat

Bicara tentang hidup, tak lengkap jika kita tak mengambil salah satu contoh dari pelaku hidup terbaik sepanjang masa. Siapa lagi kalau bukan Rasulullah Muhammad SAW. Ini bukan semata-mata karena saya seorang muslim, namun fakta sejarah dan banyak tokoh dunia yang setuju akan hal ini. Bahkan seorang penulis independen Michael H. Hart dalam bukunya yang fenomenal berjudul “The 100, a Ranking of the Most Influential Persons in History” menyebutkan bahwa nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling berpengaruh dan ia menempatkannya sebagai tokoh berperingkat nomor satu.

Saya pun, dengan menggunakan akal sehat ditambah bumbu keimanan, meyakini hal yang sama. Coba simak beberapa hal berikut ini;

  • Gerakan sholat, dari sejak pertama beliau contohkan sampai sekarang tidak mengalami perubahan gerak bahkan bacaannya. Termasuk wudhu dan Adzan sebagai ibadah di sekitar sholat.
  • Satu-satunya manusia yang sejarahnya begitu runut dan mengakar. Dan mungkin satu-satunya manusia yang biografinya (Sirah Nabawiyah) telah ditulis berulang kali oleh ribuan penulis tentang beliau di seluruh dunia. Satu-satunya tokoh dengan biografi terbanyak sepanjang sejarah.
  • Beliau adalah satu-satunya manusia yang perilakunya, ucapannya bahkan diamnya dijadikan sebagai rujukan (hadits) dan setelah ribuan tahun, tetap menjadi dasar kuat yang terbukti kebenarannya secara empiris.
  • Beliau adalah satu-satunya manusia yang pernah mengemban predikat terlengkap sebagai seorang manusia. Menjadi anak, menjadi ayah, menikah, menjadi suami, menjadi duda, menjadi panglima, menjadi hakim, menjadi pemimpin, menjadi rakyat, menjadi kaya, menjadi miskin, menjadi pedagang, menjadi pembeli, menjadi investor, menjadi pemimpin agama, menjadi sehat, menjadi sakit, menjadi tua, dan mati.

Itulah sedikit dari sekian banyak hal yang menjadi nabi Muhammad SAW pantas menjadi role model bagi siapapun yang ingin menaikan level kehidupannya. Karena begitu lengkapnya contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan beliau. Karena semua hal di dunia ini telah beliau ajarkan kepada kita. Bahkan tidak nyamuk yang terbang dengan sayapnya kecuali beliau telah menjelaskan kepada kita akan hal itu, Sebagaimana hadits beliau:

“Tidaklah ada yang tersisa dari sesuatu yang mendekatkan diri kepada surga dan menjauhkan dari neraka kecuali (semua) telah dijelaskan kepada kalian.” [Shahih – H.R. Thabarani]

Maka, tak salah jika Muhammad SAW dianggap sebagai pembawa jalan terang bagi sejarah umat manusia yang kala itu dilanda kegelapan nilai moral kemasyarakatan. Namun kali ini saya tidak akan menceritakan kepada Anda tentang kehidupan lengkap Beliau SAW, rasanya tak akan cukup lembaran terbatas buku saya ini. Yang ingin saya terangkan adalah Level Kehidupan beliau yang jika Anda sadari dan Anda pakai, maka paling tidak, kehidupan Anda dan saya akan menjadi lebih baik. Mau?

Karena yang sesungguhnya, setiap manusia hadir di dunia adalah untuk menajdi penebar manfaat, dan juga bisa menjadi orang yang bisa mengingatkan orang lain atas apa-apa yang salah dan mengajak kembali kepada semua hal yang benar. Bisa dibilang seorang yang bermanfaat adalah mereka yang menjadi pengingat, dan dalam bahasa saya, saya lebih suka menyebutnya sebagai Penyelamat (The Savior).

Bukankah dengan jelas Allah, Tuhan sekalian alam menyematkan tugas itu kepada kita?

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah (selamatkanlah) dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim : 6)

Inilah misi yang sebenarnya Allah sudah berikan kepada kita dari sejak jaman dahulu kala, manusia haruslah menjadi penyelamat, pemelihara, penjaga, pengingat dan penebar manfaat bagi dirinya sendiri dan juga manusia lain yang ada disekitarnya. Tentu saja mulai dari yang terdekat, yaitu keluarga. Dan semua sematan gelar itu saya rangkum dalam satu predikat bernama The SAVIOR.

Dan saya pikir adalah sebuah alasan paling tepat jika saya mengajak kawan-kawan semua untuk menaikan level diri, menjadi seorang penyelamat sejati melalui sebuah contoh kehidupan paling baik dan sempurna di sepanjang sejarah umat manusia. Bukan karena saya mengusung agama tertentu, sebagai alasan pembenaran atas segala hal, namun sejarah dan peradaban dunia pun sudah menyetujui dan mengakuinya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah model manusia hidup paling lengkap dan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan. Dan jika memang harus memilih model seorang The SAVIOR yang harus kita contoh, maka saya menyarankan kepada Anda dan juga saya sendiri, untuk memilih model yang paling baik, terbukti dan teruji. Sepakat??? Yah, saya pikir pasti Anda sepakat.

Empat Level menuju The SAVIOR

Baik, saya akan memulainya dengan mengajak kawan-kawan semua untuk memperhatikan angka-angka berikut ini: 12 – 25 – 40 – 63. Apa arti angka tersebut buat Anda? Yup, benar, ini adalah usia-usia penting Rasulullah SAW. Saya akan jelaskan dalam skema di bawah ini.

  • Usia 12 ~> adalah usia dimana beliau mulai ikut paman beliau berdagang keluar arab. Ini adalah masa dimana beliau mulai berkecimpung dan belajar tentang perdagangan.
  • Usia 25 ~> adalah usia ketika beliau menikah. Usia ini juga adalah usia kenabian, masa ketika beliau diangkat menjadi Nabi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  • Usia 40 ~> adalah usia ketika beliau diangkat sebagai Rasulullah. Pada masa ini beliau secara total menjadi pemimpin, baik di bidang agama maupun urusan ketatanegaraan dan hakim bagi seluruh permasalahan di antara keduanya.
  • Usia 63 ~> dan ini adalah usia saat beliau SAW meninggal dunia, kembali menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari empat usia penting di atas, ijinkan saya untuk memodelnya dengan lebih sederhana agar dapat menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. Kurang lebihnya, saya akan membuat skema, berdasarkan usia di atas sebagai berikut….

Naaah.. makin dibaca makin seru ya kicauan tentang THE SAVIOR di atas Sobat-Motty!? ^_^ Muehehe..

Kicauan di atas adalah cuplikan dari buku terbaru salah satu sahabat baik Motty, @Andre_Raditya.. Kisah hidupnya yang penuh inspirasi telah Motty kicaukan menjadi #SineBlog “Andra, Si Anak Tak Punya,” silakan lahap semuanya di :

Andra, Si Anak Tak Punya (Episode 1)

Andra, Si Anak Tak Punya (Episode 2)

Andra, Si Anak Tak Punya (Episode 3)

Andra, Si Anak Tak Punya (Episode FINAL)

Ya, buku baru tersebut berjudul “THE SAVIOUR

Pssst…. ini Motty bocorin bab-bab ZUPER nya yah..

  • BAB I : Hidup Hanya Sekali, Selamatkan Hidup Anda!
  • BAB II : Punya Tujuan, Berarti Siap Menerima Konsekuensinya
  • BAB III : Senjata Rahasia dan Modal Sesungguhnya
  • BAB IV : Menjadi Manusia Anti Bangkrut
  • BAB V : Strategi Bisnis Cara Bener Tanpa Keblinger
  • BAB VI : Selesaikan Dengan Kebahagiaan Yang Mendamaikan
  • BAB VII :Kami Adalah Pengusaha Hulu Hilir Halal

Motty beruntung sekali diberikan kesempatan untuk “mengintip” isi dari buku yang satu ini. Bahasanya ringan, materi yang dibawakannya sungguh berbobot, ilmu yang disampaikan langsung bisa dipraktekkan, setiap lembarannya berisi inspirasi yang amat mencerahkan. Kalo Motty bisa menyarankan 1 buah buku yang bisa Sobat-Motty tamatkan, ini dia bukunya. Dijamin Sobat-Motty langsung mendapatkan pencerahan tiada tara! ^_^ Kalo setelah baca Sobat-Motty merasa ngga ada manfaatnya, kasih tau Motty, Motty kembaliin uangnya! *saking kerennya ini buku ^_^*

Buat yang mau dapet edisi ZUPER ZPEZIAL bertanda tangan penulis, langsung aja pesan melalui SMS ke 085-777-666-727 yah ^_^

#BigHUG and See you in the SKY!

Seru-seruan sama Motty di twitter yuk: @MotivaTweet

One response on “Sang Penyelamat

  1. Kereeeen … :) insya allah banyak yg bisa kt ambil dari the savior meski kt belum jd pengusaha paling gak ada tulisan2 lain yg kasih masukan utk kt mnjadi lebih baik … ! Thanks Mot … :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *