Keutamaan Sholat Dhuha

Cerita Motivasi | Keutamaan sholat dhuha – Setiap pagi, Motty selalu konsisten mengajak semua Sobat-Motty untuk merutinkan sholat sunnah yang satu ini. Kenapa? Karena sholat dhuha memiliki keutamaan yang ZUPER banget. Dari mulai nilainya yang menyamai sedekah dengan semua persendian tubuh kita, juga akan mencukupkan rezeki kita seharian penuh. Kita bahas lebih lanjut ya.. ^_^

Sejak beberapa tahun lalu, Alhamdulillah Allah Swt. selalu memberikan kekuatan Motty untuk merutinkan sholat dhuha. Awalnya coba 2 raka’at, lalu meningkat jadi 4 raka’at, sampai sekarang minimal 6 raka’at. Dan dengan segala Kuasa Allah Swt, semua rezeki Motty dicukupkan. Err.. ngga “cukup” juga sih, lebih tepatnya “BERKELIMPAHAN!” .. Muehehe ^_^ Ciyuuus.. Enelaaaan… Alhamdulillah..

Saking besarnya keutamaan sholat dhuha ini, sampai-sampai Mas Sandiaga Uno (salah satu orang terkaya di Indonesia) merutinkannya seperti beliau melakukan sholat wajib. “Kalau belum sholat dhuha, seperti ada yang kurang..” kata beliau yang merutinkan minimal 8 raka’at sholat dhuha setiap paginya. ZUPER banget ya?! ^_^

Di antara keutamaan sholat dhuha adalah..

1. Keutamaan Sholat Dhuha: Menggantikan sedekah dengan seluruh persendian

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no.  720).

 Hadits dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi)

 2. Keutamaan Sholat Dhuha: mencukupkan hingga akhir siang

Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

3. Keutamaan Sholat Dhuha: mendapat pahala haji dan umroh

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

4. Keutamaan Sholat Dhuha: sholatnya awwabin (orang yang kembali taat)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164).

Imam Nawawi rahimahullahberkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).

sumber: http://rumaysho.com/hukum-islam/shalat/4082-keutamaan-shalat-dhuha.html

Semoga kita bisa sama-sama merutinkannya ya Sobat-Motty ^_^

34 responses on “Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Alhamdullilah mot, beberapa hari ini saya udah konsisten sholat dhuha….

    Semoga bisa terus konsisten selamanya 😀

  2. Suubbhaannaaalllaaahhhh pahalanyaa W?º°??°ºW amaziinngg (•??.•??) smoga slalu dilancarkan pelaksanaannyaa aamiiinn o:)

    Min mot mau tnya,klo dhuhany baru inget tz pz lyt jam,udh jm11.20 bole ta?

    Trus maksudnya mencukupkan hingga hari siang apa yah? (•??.•??) maaciiyy motty ???inpohnyaa ~(´?`~) (~´?`)~

  3. smoga dpt menambah keimanan kta..amin.

  4. Ya Allah Istiqomah kan sll km sklrg dlm mjalankan Dhuha….

  5. mott mau nanya, kalau jam 7 pagi sebelum ngaryawan, udah masuk waktu dhuha belom yaah?? 😀

  6. Semoga saya dapat melaksanakannya secara rutin

  7. Subhanallah ya ..

    Alhamdulilah.. selalu rutin setiap hari,
    smg lebih rutin, lebih baik lagi dari hari ini dan seterusnya… Aamiin.. ^_^

  8. Subhanallah… Segitu banyaknya manfaat dhuha, selama ini yg kt pahami sholat dhuha adalah sholat sunnah yg bisa menambah amalan ibadah kt trus bs membantu mempermudah stiap masalah yg kt hadapi… Makasih ya Mot benar2 deh kicauanmu itu mirip dgn tulisan2 si Andra memberi ilmu dan membuka cakrawala … :)

  9. Insya Allah mulai besok saya akan meruntinkan lagi solat Dhuha :)

  10. Subhanallah.. Semoga saya punya Bisnis sendiri dan toko sendiri Aamiin Ya Rabb..

  11. Aamiin semoga nanti kalo pindah kantor baru tetap bisa dhuha aamiin

  12. ???????????????? saya juga berusaha melakukan shlt dhuha 8rekaat +3rekaat witiR
    Menenangkan hati, pikiran saya :)

    Soal rezeQi ??????? ?ª?? mengatuR :), manusia hnya berusaha, berdoa ‘n ikhtiar

  13. sungguh kesempitan “waktu” untuk shalat dhuha cuma ilusi pikiran aja.. karena “waktu” dan segala yang mengikutinya takkan pernah bisa melampaui kehendak Pemiliknya… yaitu Allah SWT, yang menjadi tujuan shalat dhuha kita. #NtMS

    thank you motty! :)

  14. huhuhu masih banyak bolongnya untuk shalat dhuha, apalagi tahajud :sedih:

  15. spechless…
    begitu sayangnya Allah……

  16. Subhanallah Mudah2n aku bisa menjalankan rutin sholat dhu’ha ini. Makasi m0tty share nya. 😉

  17. semoga bisa rutin ber dhuha spt shalat wajibnya.
    doakan ya mot :) amin ya rabb

  18. Mudah-mudahan saya bisa mencontoh kebaikan ini dan pemberi nasehat ini dilimpahi pahala yang berlipat ganda. Amin.

    http://www.maptude.com
    @maptude

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *