Modal NOL!

Bermula dari kicauan KOMPOR Motty kemarin yang berjudul “Kerja atau Bisnis,” banjirlah komentar dari Sobat-Motty yang isinya pendapat masing-masing tentang topik tersebut. Tentunya jadi cerita motivasi tersendiri buat kita yang membacanya ^_^ Silakan di lahap kicauan + komentarnya yah.. dijamin makin GALAU NGARYAWAN ^_^ Muehehe

Nah, seperti biasa, di #1hari1bukuGRATIS Motty akan memilih BEST COMMENT setiap harinya. Dan ada 1 komentar yang ZUUUUPER banget dan saking ZUUUPER nya, Motty putuskan untuk menjadikannya materi kicauan hari ini. Berikut, adalah BEST COMMENT dari kicauan “Kerja atau Bisnis” kemarin. Baca perlahan, refleksikan ke diri Sobat-Motty, Insya Allah jadi manfaat ^_^

Waktu masih kuliah dulu, cuma berfikir, cepat lulus dengan nilai baik, cari kerja, dapat penghasilan, ga pernah kefikir sama sekali buat usaha. Aku pikir aku ga ada bakat bisnis sama sekali dan seandainya ingin bisnis ga tahu harus mulai dari mana. Jadi satu-satunya jalan untuk punya penghasilan adalah cari kerja, dan Alhamdulillah berhasil. Mulailah petualangan berangkat pagi pulang sore, mengejar bis kota atau angkot, 5 atau kadang 6 x dalam sepekan. Hari minggu menjadi hari yang sangat berharga, cuma buat istirahat aja, kumpul bareng keluarga, g pengen yang lain-lain…..

Sebulan…dua bulan… tiga bulan….. enam bulan…. mulai deh seperti ada sesuatu yang hilang, capek, pegel, social life dengan keluarga, kerabat dan temen-temen semakin jauh. Berfikir dan berfikir… (belum kenal Motty sih waktu itu)…. sambil tetep ngantor… 9 bulan berlalu, sudah mulai planning resign, tapi msh ditahan sama temen-temen, pas setahun sudah ga tahan.. meski waktu itu belum tahu mau apa. Dan jreng-jreng… (Mas @ranggaumara style :D ) RESIGN….

Mulailah petualangan bisnis, lucu juga sih… dari kasih kursus anak-anak SD, TK, harus nyanyi-nyanyi tiap hari bareng mereka hehe… Sampai jadi ditributor susu sapi segar di sekitar rumah, reseller produk muslimah, pokoknya apa aja yang bisa menghasilkan.

Sampai akhirnya punya kesempatan ketemu dengan salah seorang pemilik toko online terbesar yang berhome base di Surabaya. Ketemunya dengan bantuan OM GOOGLE. Telepon buat janji ketemu, rencananya mau nitip produk buat dipajang di toko onlinenya, padahal waktu itu ga punya produk sama sekali, jadinya cari produsen produk yang masuk kategori bisa dititipkan di sana, dan suksesss!! Ketemu produsen jubah / abaya, khusus black abaya, buat pemotretan produk, dan nitip deh.. tinggal tunggu order.. jadi broker nih ceritanya.

Setahun berlalu pingin peningkatan dong, buat blog sendiri (meski dengan kemampuan pas-pasan.. backgroundnya kesehatan malah lari ke bisnis OL :D ), buat akun juga di socmed perdagangan, dan mulailah handle pesanan sendiri, dalam perjalanan ini ketemulah dengan Motty yang banyak kasih tips-tips bisnis dan lolos juga #MBM (Mentor Bisnis Motty). Jadi tambah semangat dan semakin mengerti IMPIAN ITU BISA DIRAIH, IMPIAN ITU BISA DICAPAI, DENGAN NIAT, TEKAD KUAT DAN ACTION.

Dan kalau bandingkan hasilnya… ga keukur deh.. kalau materi mungkin bisa kita bandingkan 1 dibanding 10 atau 1 dibanding 25 atau mungkin 1 dibanding 100 (lebih besar pendapatan dari bisnis) tetapi ga hanya itu, WAKTU, itu yg sangat berharga bisa nuntut ilmu lagi, ikut seminar-seminar bisnis, ketemu dengan banyak orang-orang baru, dan yang paling menyenangkan adalah bisa melakukan hobi aku, MENULIS,,,, dan Alhamdulillah, aku sedang dalam project nulis buku,,, (gak mau kalah sama mentornya… alias g mau kalah sama MOTTY.. hehehe)

Ini pake JURUS MOTTY… harus koar-koar dulu, biar malu kalau g jadi bukunya :) ) tetapi memang bener, I am on my way for writing my first book,,, Insyaallah, ( udah ikut kelasnya Ibu @sofiebeatrix) , doain aja cepet jadi dan akunya g lelet :D

wah kalau urusan tulis menulis,,, bisa panjangggg dan lamaaaa, jadi aku cukupin di sini aja ya…

Kesimpulannya Bisnis itu “SESUATU”, bisnis bisa terus asah otak kita untuk berupaya terus kreatif dan terus belajar. Jangan pernah menyerah untuk kegagalan, terus berupaya sampai temukan passion kita, kalau sdh ketemu bunyikan klakson kita (seperti kata Pak @jamilazzaini)… dan klakson MOTTY adalah #Penggalauan hihi :D
salam hangat buat Motty dan kawan-kawan semua…. FIGHT !!!

Ya, perjalanan bisnis seharusnya seperti perjalanan bisnis @zainab_lila di atas. Apakah pake modal besar? Apakah harus bikin rencana ini itu? Jawaban dari semua pertanyaan itu adalah.. TIDAK.. TIDAK.. TIDAK! Ngga perlu MODAL, ngga perlu RENCANA untuk memulai bisnis, asal di MULAI aja dulu, Insya Allah di perjalanan kita akan menemukan elemen-elemen yang akan menyempurnakan langkah bisnis kita. Apakah selalu lancar? Justru dengan hambatan di sana sini kita akan menjadi pebisnis tangguh dengan lebih cepat!

Oh iya… Omzet Zainab sebelum ikut #MBM adalah 20juta/bulan… Setelah ikut #MBM, langsung meroket jadi 200juta/bulaaaaan! ^_^ Sesuatu banget ya!?

Pertanyaannya hari ini adalah: Ini ceritaku… Apa ceritamu?

Coba sharing di komentar kicauan ini (cek bagian bawah banget dari halaman ini), dan bagikan inspirasi kepada Sobat-Motty yang lain tentang jawaban dari pertanyaan di atas. BEST COMMENT Motty akan berikan 1 buah buku di program terbaru Motty >> #1hari1bukuGRATIS! (baca lengkap di sini >> #1hari1bukuGRATIS )

Selamat terinspirasi dan menginspirasi manusia lainnya Sobat-Motty!

#BigHUG and See you in the SKY!

CAKARRRR Motty di twitter ya: @MotivaTweet

51 responses on “Modal NOL!

  1. Luar biasa…jadi ingin segera memulai bisnis…
    Bdw ukuran hurufnya terlalu kecil motty jadi agak sulit membacanya…

  2. Saya ikutaaaaaaaan :0 😉 sukses muda

  3. Pingback: POLA MILYUNER PERTAMA! | Seleksi Pasukan #MBM angkatan 10!

  4. wahh jadi termotivasi setelah baca ceritanya :0
    semoga bisa nyusul kaya mbak zainab :)

  5. ini cerita saya ya Mott…
    urusan bisnis saya udah mulai sejak kuliah sih. cuman skala keciiil banget. aku awalnya liat pedagang2 yg suka ngitung uang di waktu senggangnya. nah pas jalan bareng temen2 kelintas pikiran buat sediain makanan di kos. eeee lariss. hingga saya berkeluarga tetap jualan. cuman gonta ganti terus nyesuaikan yg lg hit saat itu. contoh di thn 2004 saya jualan batik pekalongan ke rekan kantor saya dan suami. lumayan jg. setelah bnyk saingan saya ganti jadi agen baju KEKE BANDUNG SAMPAI SEKARANG MASIH. Dan mulai kenal Blackberry saya pakai aja jualan haha. mulai Paket kosmetik, serum emas, lulur dll hingga pelangsing TOP yg aman dan mujarab. lancar alhamdulillah karena saya belum berani mengeluarkan modal yg besar. hihihiiii modal saya cuman 15 jt saya puterrrrr terus tiap ada untung. OH ya sekarang ini saya jualan Celana dan Rok ZETHA yg koleksi warnanya lengkap dan size nya juga komplit mulai S sampai 6XL. So saya bidik kalangan gendut juga utk bisa chic dalam berfashion. Yang jadi soal semua hobi ini saya baru pelajari otodidak dari buku2 dan pengamatan aja. belum pernah sempat ikut mentoring bisnis karena posisi saya yg amat sangat jadi kendala. Saya PNS di Rumah Sakit yg berdinas 3 shift. tetapi tidak ada yang tidak mungkin. meski begitu justru positifnya syaa bisa menjalani dagang, online offline dg mudah ketika dinas malam dan siang serta libur. saat itulah saya bebas erekspresi. hingga coba-coba bikin EO utk acara hijab class yg saya MC ni sendiri. sempat berulang-ulang acara diadakan karena permintaan pelanggan. nah, sejatinya kita bisa melakukan apapun meski bukan di ilmu yg kita pelajari di kampus. asalkan kita peka mengamati, semua potensi sukses itu ada. dengan bergabung di komunitas ini, saya yakin akan jauh melesat seperti mba zaenab yah yg cerita diatas. saya ingin sekali resign jika penghasilan bisnis saya sudah mencapai 25 juta/bulan. Semoga tercapai, dan Insyaallooh diamini malaikat yaaaaa….hehehehe…tengkiu mottyyyyy….

  6. motivasi banget..
    semoga bisa segera nyusul >.<

  7. Sy isah,sy masih kerja di dinas..tiap hari ngetik..udah 4th,tapi 3bulan pertama kerja..bobot saya turun drastis..7kg,sering muntah tiba2,pingsan,nabrak motor orang…sy ga bisa konsen,mudah marah…alhasil sy ke dokter langganan..jrenggg..hasilnya sy didiagnosa STRES..what???..†ªþ?? sy blm gila..ternyata sy bosan dg rutinitas kerja,sy ngerasa otak sy ga kepake,sy ga suka diatur,sy..bosennn..
    Dr dokter sy,sy disarankan u/ jalan2..pas keluar kota..di kereta sy mulai mikir..kenapa sy ga nglakuin apa ?ª?? sy suka.sy mulai dg ikut seminar,sy sering ke mall buat nongkrong..buat ngitung berapa orang ?ª?? lewat didepan sy+melototin apa ?ª?? mereka pake..,alhmdulillah besoknya sy langsung meluncur ke toko temen buat curhat..dia menyarankan sy buat jualan.
    Alhasil sy jualan buat mengasah otak,buat membunuh kebosanan,buat nyelengin duit u/jalan2.mulai dr rumah,setahun pertama berhasil thn 2010 sy buka toko,tahun 2011 sy buka cabang,tahun 2012 sy mulai pusing bikin sistem.. Dan tahun ini sy targetin u/ banyak belajar,u/byk diskusi dg temen2 ?ª?? udah duluan bisnis,u/naikin omset,u/ikut MBM motty ?ª?? terpaksa diundur,,??? sy sdg siapin amunisi buat resign tahun ini..
    Bukan krn sy senang berbisnis sy resign,†ªþ?? karena sy ingin mengejar impian saya..program#1000 adik asuh ?ª?? menunggu..sy ga mau hidup sia2..,??? sy ga mau divonis dokter STRES karena hidup saya biasa-biasa saja.
    Mott,alhmdulillah 2 pelanggan saya sdh buka toko,??? bisnis mereka sama dg saya..mereka bukan pesaing..tapi rekan u/sharing..(??? hikmahnya,sy baru launchg bisnis laundry,proses deal 3hari TANPA MODAL)..doain kami ?ª?? ingin membhagiakan banyak orang,.
    Nama sy isah,??? sy suka bekerja u/bisnis saya..(Owner indoOUTLET,indoLAUNDRY,next masuk ke kuliner+pendidikan)..
    Trimksh motty..tunggu sy di MBM..

  8. Inspiratif dan berani….
    Kalo saya kyknya ga berani resign dulu baru cari2 usaha, dan wow naik omsetnya 1000%….

  9. Wah aku jadi pingin kayak ……bantu aku dong….

  10. Zainaaaab, baru aja kemarin pulang bareng pelatihan…udah nongol aja disini. Sepanjang jalan ngobrol menggugah inspirasi, jadi pengen ikutan MBM…gimana caranya Motty?

  11. Membicarakan Modal saya adalah orang yang memulai usaha kaos dengan tidak menggunakan modal sama sekali, berbekal wi-fi gratisan saya memulai bisnis kaos oblong kualitas distro di kaskus, hanya bermodalkan keyakinan bahwa bisnis ini bisa menguntungkan saya teruskan hingga akhirnya banyak kostumer yang mengambil kaos ke saya dan saya mendapatkan keuntungan yang lumayan bisa buat saya jajan apapun keinginan saya, dan sekarang yang tadinya dikaskus sudah beralih ke http://www.kaospolosoblong.com karena saya sudah yakin untuk berdikari sendiri dan saya bisa, sampai tulisan ini diketik bisnis ini masih berjalan, alhamdulilah Jika ada niat dan keyakinan tanpa harus banya mikir ataupun Ntar ntar semua bisa dilakukan asal @LangsungAction az

  12. Salam Motty :*

    Keluarga cicak wirausaha semua motty.. Tapi cicak sekarang kerja di perusahan lumayan sih tau “PT Gajah Tunggal Radial” kan mot? Nah.. Mama nyuruh sambil bisnis celana gitu.. Target sih ke temen2 dulu.. Kalo modal dari gaji enak nya gmna Mott? Sampingan tapi ada hasil tambahan hhe..

  13. Waaaah ~(‘?’~) (~’?’)~ mantappp bener sharingnya, modal minim untung ngegemukin..wkwkwk…

    Mot, kalo bisnis ama jualan HP ato jualan barang IT ato barang” yg ada di pasaran tuh sama ga sih.. ????????? (ˆˆ?)

  14. Keren, menginspirasi. Motty benar2 membuat ‘motty lover’ ingin berbagi dan belajar.

  15. Ow..omzet saya juga rata2 20jt per bulan, mo ikut #mbm masih berat sama “TAPI” nya.. Mhon doa nya ya biar bisa segera ikut #mbm + omzet meroket 10 sampai 1000 x lipat

  16. Naah klo mo mulai usaha pengetikan tpi blum punya tempat usahanya gmana motty??

  17. Kereeeeennn… unbelieve it.. tapi itu faktanya.
    Aku ngaryawan sejak lulus SMK, skarang juga masih sih, gak pernah kepikiran buat bikin usaha sendiri, cz ajaran dari ortu juga selalu nyari kerja dan nyari kerja, tapi beberapa bulan kemaren dipinjemin buku Kicauan si Burung Zupeer sama adekku, aku jadi kepikiran buat bikin usaha sendiri, eh yg ada malah bingung mau bikin usaha apa, aku mikirrrrrrr sampe panas kepala *ini ciyusan lho* akhirnya aku dapat ide, aku mau nyari duit dari kemampuanku sendiri, yaitu *jreng jreng jreng* nyoba bikin novel, sekarang aku masih dalam proses penulisan, dan mulai berpikir untuk resign setelah novelku nanti bisa diterbitkan, mohon doanya ya Motty biar usahaku sukses. amien..

  18. Salam Motty :)

    Semenjak dulu memang kurang bisa sama yang namanya bisnis, padahal saya dibesarkan oleh keluarga yang ada juga semangat wirausahanya… nenek punya warung, bibi saya kreditin tas-tas import, ibu saya penjahit (bukan penjahat lho ya 😀 ) tapi saya ga bisa bisnis 😀
    Sebenernya sih bukan ga bisa gimana ya…. Lebih kepada perasaan ga enak kalau harus ngambil keuntungan dari teman/keluarga (waktu itu pikiran saya, kalau mau jualan maka merekalah pangsa pasar pertama saya) 😀
    Dan lucunya beberapa pengalaman saya sebelumnya menguatkan kepercayaan saya bahwa “ga enak ngambil untung dari temen”. Jual laptop seken, terus yang beli temen se-organisasi ketika tu laptop bermasalah saya merasa ga enaaak banget sama temen itu…. Dan jadi nyesel gitu…. Kapok
    Kesadaran bahwa menjadi seorang entrepreneur itu bukan hak saya tapi kewajiban saya terhadap masyarakat (duile bahasanya 😀 ) datang agak terlambat. Itu datang ketika saya mulai bekerja dan melihat kiri kanan banyak yang harus ditolong tapi kemampuan saya terbatas karena gaji saya yang memang cuma “segitu-segitu” aja. Tapi untuk langsung memulai saya belum berani… karena lagi-lagi kekurangan pengetahuan, bahwa banyak kok bisnis yang bisa dimulai dengan modal NOL.
    Akhirnya baru sekarang ketika saya sudah menjadi full time mother baru saya berani melangkah sedikit-sedikit…. Mohon doanya semoga Allah berkahi usaha saya ini… aamiin :)
    Buat sahabat Motty semua… yuk niatkan langkah kita masuk kedunia entrepreneur ini buat jalan jadi pembuka pintu rezeki juga buat saudara-saudara kita juga… SEMANGAT! :)

  19. Ada yg baru mulai coba berbisnis setelah ngerasain gak enaknya kerja sama orang, tapi ada yang dari skolah pun udah punya dream pengen jadi pengusaha..

    Tapi di waktu kapan pun kita menyadarinya, gak ada kata terlambat selagi kita mau mulai sekarang juga. Semua pasti punya keterbatasan tapi bukan brati itu alasan kita berhenti..

    Selalu cari jalan, brusaha dan jangan pernah pikirkan hasilnya karna itu smua kuasa Tuhan. Sesuai hukum alam. Jika kita kita memulai dengan baik, hasilnya akan demikian baik pula..

    Ini yang aku rasain sekarang.. Dan mindset itu udah terbentuk dariku sejak muda.. :)

    Salam Hangat,
    Venny

  20. Assalamu’alaikum….hai Motty

    Mau ikutan cerita juga donk disini hehe…..

    Dari sejak lulus kuliah duluuuuu banget (angkatan tua Mot) udah punya keinginan terpendam untuk punya bisnis sendiri. Tapi masih bingung modalnya dari mana dan bagaimana cara memulainya. Sampai akhirnya aku masuk comfort zone kerja kantoran sampai level mid management. 8 tahun lho Mot…..lama banget yaa…..karena ya itu tadi, nyaman dengan ritme kerja, bidang kerjaannya, fasilitas dan benefit lainnya.

    Sampai akhirnya suatu titik dimana aku merasa stuck dan ga berkembang, kangen lagi kehangatan bersama keluarga yg selama ini semakin berkurang, kangen punya waktu bebas, dan kembali menguatkan keinginan terpendam lama. Niat mulianya sih ya Mot….pengen bisnis itu biar bisa lebih bermanfaat buat orang lain….minimal aku bisa ngasih pekerjaan buat yang membutuhkan, bisa lebih berbagi materi :)

    Alhamdulillah dengan didukung keluarga , aku mutusin RESIGN dari kantor dan memulai bisnis dari NOL. Tapi jenis bisnisnya udah jelas, karena 6 bulan sebelum resign aku udah nyiapin, yaitu bisnis klinik kecantikan. Aku sangat mencintai bisnis ini, dari yg omset bulan pertama cuma 6 juta merangkak terus sampai ke angka hampir 50 juta / bulan dalam waktu 1.5 tahun. Dalam kurun waktu itu juga, sudah dibuka 1 cabang lagi dan omsetnya jg sudah berkembang. Insya Allah bulan depan mau opening lagi nih Mot cabang ke 3 ….doain lancar yaaaa:)

    Sekarang aku punya waktu lebih fleksible, bisa selalu ber-dhuha, hub dengan keluarga kembali menghangat dan ga pernah lagi kambuh gastritis he he he…..

    Aku juga msh sempet ngerjain bisnis yg lain di sela-sela waktu luangku, yaitu bisnis MLM kecantikan yg dikerjainnya 90% melalui online. Seruu…punya banyak temen2 baru dari berbagai pulau, yg punya visi yang sama dengan mimpinya masing2

    Daaannn…..kalau ditanya sama temen2, “yul, mau balik kerja lagi gak? Ada lowongan tuh” ….maaafffff aku jwb No, tengkyu :D. Soalnya udah enaaaaakkk banget ngejalanin bisnis….insya Allah diberi kelancaran dan diberkahi Allah…..amiiinnn

    So, temen2…..pilih KERJA atau BISNIS ??? Ya bisnis donkk…..#yukBisnis

    Makasih ya Motty….selalu menginspirasi dan membuat ketawa klo baca2 TL-mu

    • naaah… keren banget sharingnya ^_^ TQ ya Yuli #BigHUG

      sukses buat cabang ke tiga nya.. saran Motty: FOKUS dan BESARKAN 1 bisnis aja :)

  21. Bismillahirrahmaanirrahiim..

    Ikut sharing cerita juga yaaa :)

    Awal saya kenal dengan kata bisnis itu waktu SMA, dikenalkan sama kakak kelas di sebuah bisnis MLM produk kesehatan dari negeri China. Dari situ saya mulai berkenalan dengan orang-orang baru di luar dunia sekolah dan bagaimana berinteraksi dengan mereka. Mulai baca buku-buku pengembangan diri dan untuk pertama kalinya beli high heels dan baju formal untuk datang ke pertemuan-pertemuannya. Lucu juga sih anak SMA tapi udah kayak eksekutif muda. Di bisnis ini saya juga sempet ikutan event internasional di Gelora Bung Karno. Wah seru! Namun saya gak mau nerusin serius di bisnis ini karena takut ketemu sama kakak kelas (cowo) yang mau ngedeketin saya hahahaha dasar anak SMA -___-”

    Dari situ saya jadi END sama dunia bisnis dan kembali asik sama dunia SMA saya syalalalalala. Sampai akhirnya saya mencapai salah satu impian terbesar saya dalam hidup, nikah muda. Saat itu jadi mikir lagi untuk kembali berbisnis. Ada hasrat yang begitu kuat untuk bantuin suami cari duit. Saat itu status masih mahasiswa, mulai mikir-mikir apa yaaa yang bisa digarap. Singkat cerita saya diajakin adik ipar yang rajin jualan untuk gabung sama bisnis MLM (again), awalnya agak males tapi cobain aja dulu dah. Action aja dulu. Nyemplunglah saya di dunia MLM produk kecantikan dan saya bener-bener menikmatinya. Sejak masuk MLM yang satu ini saya jadi lebih care sama penampilan, jadi bisa dandan, dan makin semangat untuk kembali serius dalam berbisnis. Saya yang gak bisaan banget dandan malah pernah jadi guide untuk acara beauty class hehehe, jadi bisa dandanin temen yang mau manggung saman, dan pengalaman lain di dunia kecantikan yang gak kepikiran sebelumnya. Seneng banget karena ini dunia cewek banget. Kehidupan bisnis di sini jauuuh lebih lancar kalau dibanding waktu SMA, karena mungkin sebelumnya saya udah punya pengalaman presentasi, udah punya pengalaman kecewa sama sistem, dan hal lain yang bikin saya lebih pengalaman dan enjoy ngejalaninnya. Suntikan motivasinya juga beda karena kebanyakan ibu muda dan remaja putri yang yaa kurang lebih cerita hidupnya mirip-mirip, jadi kekeluargaannya dapet banget. Tapi yaa gitu, bagaimanapun di MLM ada kekurangannya buat saya, polanya gitu-gitu ajaa. Kita hanya tinggal menduplikasi, gitu aja. Cocok banget buat mereka yang gak tau harus bisnis apa, gak punya latar belakang bisnis, dan gak tau harus ngapain dulu untuk memulai. MLM buat saya cukup jadi batu loncatan yang baik untuk bergerak ke bisnis berikutnya, saya coba bikin bisnis WO. Berbekal ngurusin printilan nikahan sendirian bareng temen dan hobi handle event, saya coba bikin Wedding Organizer sama Shaliha dan temen yang kerja di dunia fotografi pernikahan. Mulai nyamain visi, datengin setiap pameran nikahan untuk mintain brosur vendor, ngetik semalem suntuk buat bikin list vendor dan googling kesana kemari untuk belajar gimana untuk jadi WO, bikin logo, dan nama, dan akhirnya UDAHAN. Yah kok? Iyaa, meskipun kembali gak menuai hasil, tapi saya belajar banyak tentang permintaan pasar tentang event dan bagaimana sebuah tim butuh kekuatan leader yang OK.

    Saya dengan ilmu seadanya tentang bisnis mencoba me-madu-i temen untuk ikutan kenalan dengan dunia bisnis, akhirnya saya ajak temen segeng di kampus untuk bikin toko yang menyediakan perlengkapan non medis buat para koas. Wah di sini mulai semakin seru, banyak cerita, dan banyak tantangan dan PR besar. Mulai nyamain visi lagi, dapetin investor yang mau berbaik hati ngasih duit yang cukup banyak untuk mulai usaha ini, belanja ke pertokoan-pertokoan yang jual perplastikan di Bandung. Nyusurin tiap pasar dan apotek termurah untuk dapetin margin yang OK, merelakan kontrakan yang luasnya segitu-gitunya untuk jadi gudang dan penyimpanan semua barang. Rapat sampe tengah malem karena baru pada punya waktu kosong setelah klinik. Ikutan pameran di seminar drg tingkat Nasional dan berjejer sama stand-stand yang jual alat jutaan sampe puluhan juta sedangkan kita cuma jual perabot plastik dan melamin yang harganya gak lebih dari 30rebu heuheu, tapi kita jadi satu-satunya di pameran itu yang jual perlengkapan nonmedis dengan harga murah dan koleksi produk yang gak dijual di stand lain. Seru sih tapi gak pake perhitungan alias nombok beraaaat, sewa stand 2 juta, profit cuma cukup buat beli teh botol bertujuh heuheuheu. Tapi jadi pengalaman yang sesuatu banget deh. Sayang, bisnis yang satu ini harus menuntaskan sejarahnya karena perbedaan prioritas di dalam tim, jadinya gak hidup dan gak ada perkembangan yang signifikan.

    Saya pun kembali mengungkit masa lalu dengan bikin lagi tim EO dengan ngajak saudara sepupu yang udah lama malang melintang di dunia per-EO-an. Kalau ada yang pernah denger Take Off EO. Nah, itu adalah salah satu bisnis yang sedang saya garap. Karena emang saya hobi bikin event, ngejalanin bisnis yang satu ini full of FUN. Bener-bener penuh dengan CINTA ngejalaninnya. Bukan tanpa tantangan loh yah, tantangannya banyak bangeeeeet, tapi karena punya tim yang kompak dan sama-sama perfeksionis dalam event, kita jadi enjoooy banget ngejalaninnya. Sebenernya EO ini adalah bisnis sampingan dan bisnis hobi dari setiap anggota di timnya. Emmm… bisnis proyekan, jadi kalau ada proyek yaa di eksekusi. Dari keaktifan saya di bisnis yang satu ini jadi banyak yang nanya ke saya tentang “Gimana sih caranya bikin EO?” Jawaban saya: ” Ya tinggal bikin, perlahan kita akan ngerti sendiri harus ngapain-ngapainnya. Berhubung saya waktu di kampus gak pernah absen ikut kepanitiaan, jadi ngejalanin EO udah kayak makan siang (tinggal ambil piring, ambil nasi, ambil ayam, ambil sayur, berdoa, makan deh). Bikin event udah jadi kebiasaan jadi terasa mudah buat saya. Jadi, kalau temen-temen bingung mau mulai bisnis apa, ya coba ditelaah kegiatan sehari-harinya yang udah jd habits atau hobi dan kemungkinan bisa menghasilkan uang, kerjain aja itu. Bersama dengan waktu akan dapat petunjuk dan pencerahannya sendiri, gitu kan Mot?

    Nah, selain bisnis di bidang EO, saya juga suka bantuin temen-temen untuk jualin produknya. Saya seneng ada di bagian marketing, hampir di setiap bisnis yang saya garap saya diposisikan di bagian marketing, dan bantu jualin produk temen akan menambah jam terbang saya untuk ngerti dunia marketing. Dunia marketing itu emang bikin pusing dan degdegan banget. Kalau kata suami, marketing itu nyawanya bisnis. Wewwww… serem sih emang… Tantangannya ZUPER.. Tapi karena saya seneng,jadi ya setiap proses dan pengalamannya terus bikin penasaran dan ketagihan. Saya ikutin beberapa seminar yang ada hubungannya dengan marketing dan baca buku-buku marketing. Sampai akhirnya ketemu dengan bisnis fashion. Bisnis ini dimulai dari keisengan masang DP bbm dengan produk fashion-nya temen sambil ngisi-ngisi waktu abis lahiran. Sebenernya bisnis ini udah mainstream banget di masyarakat Indonesia, tapi waktu itu mikirnya, apa yang bisa dikerjain, kerjain aja dulu, apa yang bisa dioptimalkan, optimasikan dulu.

    Jadilah saya mendeclare kalau saya jualan fashion wanita dengan brand Kamana Fashion. Langsung minta temen untuk bikinin logo, dan membuat bisnis ini jadi serius. Alhamdulillah jalannya dimudahkan, mulai dari masukan dari saudara yang udah duluan nyobain bisnis online, sampai kemudahan untuk dapet supplier yang mau untuk bayar mundur. Bener-bener bisnis TANPA MODAL.

    Saya bener-bener masih amat sangat harus belajar dan keep ACTION dalam bisnis. Kata-kata Motty yang selalu bikin galau malah jadi SEMANGAT yang gak pernah padam dalam diri saya. Dua kata aja sih, KEEP ACTION! Itu klise dan ngebosenin banget kalau didengerin tapi cuma emang itu TIPS MUJARAB dalam bisnis. Setiap dari kita punya latar belakang yang berbeda dan peristiwa hidup yang berbeda jadi gak bisa diseragamin secara spesifik tips bisnisnya. Tips bisnis universal yang bisa bikin kita semua SUKSES dan omset MILYARAN cuma dua kata AJAH, yaitu KEEP ACTION!

    Saya masih dalam perjalanan dan masih lebih deket dari titik start daripada finishnya, dengan segala tantangan yang saya hadapi, saya GAK MAU BERHENTI. Saya mau terus berbuat biar cepet nyampe TUJUAN.

    Sempat terpikir juga, “Ngapain sih repot mikirin bisnis? Cukup bantu suami dengan doa agar bisnisnya lancar juga udah cukup kali…” Tapi dari hati yang paling dalam saya bilang ENGGAK! Potensi saya sebagai manusia, sebagai istri, sebagai, ibu, dan sebagai wanita yang hadir di dunia ini terlalu sayang kalau cuma dipake untuk ‘bantu dengan doa’. Saya BISA melakukan hal yang LEBIH. Saya HARUS memaksimalkan semua yang bisa saya lakukan untuk keluarga, bangsa, dan dunia ini. Asyik banget yaaa kata-katanyaa..

    Semoga itu bukan hanya tekad yang melangit di kata-kata tapi nol besar dalam perbuatan. Na’udzubillah..

    Itu aja kali yaa sharingnya, sekilas sharing 😀 Kalau versi lengkap kap kapnya bisa bikin web ini berubah jadi blog pribadi hehehehe…

    Terima kasih banyak Motty untuk kobaran SEMANGATnya yang tiada henti. Terima kasih untuk INSPIRASI-nya yang selalu seksi, dan cubitan PENGINGAT yang bikin saya yang masih suka males, pesimis, dan banyak takutnya ini untuk TETAP BERGERAK :)

    Makasyiiiiii

    Makasih juga untuk sharing cerita Sobat Motty lain yang suka bikin gerah dan berlomba-lomba dalam kebaikan :)

    Semoga ALLAH selalu menjaga kita dalam kebenaran dan keniscayaan dalam menggapai setiap IMPIAN kitaa. Aamiin.

    KEEP ON FIGHT Braaaay :)

  22. Malam Mottyy Cuakepp!
    kalo cerita ku (cieee) termasuk orang yg lamban “EKSYEN”!mulai kenal motty awal 2012… udah pernah ngonsep bisnis makanan (udah sampai test pemasaran) lagi semangat2nya kendala datang ( bahan baku susaaah) ditambah pemikiran bisnis makanan terlalu banyak resiko untuk seorang yg belajar bisnis seperti saya!!mimpi untuk berjalan disana pun udah dikubur… tapi virus Motty kayaknya udah mendarah daging *muehehe* insya Allah sekarang menuju EKSYEN jilid dua… meskipun kadang Galau (lebih tepatnya TANTANGAN) karena konsep yg sekarangpun buanyaak buanget tantanganya… tapi saya yakin dengan adanya tekad dan kemauan, ada bimbingan dari sang ahli ( Motty) saya yakin tantangan itu akan mengantarkan saya pada gerbang kesuksesan Insya Allah!!
    Sekian duyyuu motyy… Syukron atas semua ilmu2 ZUPER nya selama ini #BigHug

  23. Ini ceritaku, motty sayang 😀

    Waktu pas jamannya kuliah, suka ngiri sama temen” yg bisa kuliah sambil kerja.. Kebetulan Orangtuaku ga mengijinkan Kuliah sambil Kerja.. Alasannya biar FOKUS kuliah..

    Nah berawal hanya dari pengen punya Blackberry hasil keringat sendiri, mulai deh otak berfikir, gimana caranya punya uang sendiri tanpa harus kerja..
    Kebetulan, waktu itu pas jamannya suka main facebook, ya cuma main status, komen dan sejenisnya.. Sempat sekali belanja online di facebook.. Nah iseng nanya ama si seller.. Darisana ngerti yg namanya “dropship”. Darisana mulai mengawali yg namanya bisnis online. Tapi waktu itu pikiran masih sempit, hanya sebatas pengen punya BB hasil keringat sendiri.

    Setelah akun online shop jadi, mulailah jualan, dr jualan pertama, ke-2, dst.. Eh malah ketagihan, jd ga mikirin klo tujuannya itu adalah hanya pengen punya BB, akhirnya waktu itu punya BB dengan kredit. Hihi gpp buat jualan jg BBnya.. ^^
    Nah sewaktu itu blom tau klo apa yg udah aku lakukan itu adalah BISNIS ONLINE. Hehe.. Katroknya 😀

    Aku suka ngeliat lapak” orang lain, akhirnya mulai Amati, Tiru n Modifikasi.. Jadilah berkembang punya website berbayar, dan socmed” lainnya..
    Sampai tamat kuliah, walaupun sempat ragu karena Orangtua berkata Bekerja dulu sebelum Bisnis, tp karena Motty, jd yakin untuk fokus di Bisnis Online aja..

    Sekarang walaupun omset blom mencapai target, paling tidak sudah action, action dan action.. Semoga bs ikut #MBM atau #MBOM n bisa nyusul omsetnya @zainab_lila.. Amiiinn.. ^^

  24. Kalo saya masi ngaryawan sampe sekarang Motty, cuma kenapa masih bertahan karena salah satu cita2 saya adalah punya Perusahaan yang sama dengan tempat ane kerja sekarang.

    Intinya disini saya BELAJAR BISNIS, DISIPLIN dan NETWORKING

    Sambil berusaha merintis bisnis sendiri yang di back up oleh partner sekaligus pasangan hidup saya ( istri maksudnya )

    Sekian sharing saya Motty ^_^

    • Nah… buat RENCANA DETIL dan TANGGAL PENCAPAIAN nya ya.. biar ngga jadi terlalu ‘nyaman’ di kantor yang sekarang ^_^ salam buat istri tercinta #broHUG

  25. Woooww !!!
    Makin galau aja buat berbisnis. Tanpa modal & tanpa rencana, di mulai saja dulu… Hhmmmm, makin bnyak aj bukti” nyata dgn teori tersebut. Dan saya yakin, saya akan menjadi bukti dari teori tersebut . Aamiin.

  26. ini ceritaku… :)
    sejak kecil orangtuaku selalu membebaskan anak-anaknya ber”eksperiment” bisnis… sebenarnya, awalnya juga ga sengaja, waktu kelas 2 SD dulu, ibu pernah buat tas rajut. & pastinya aku pake tasnya ke sekolah… waktu di kelas cuma aku yang pake tas rajutan kaya gitu lho.. hohoho… *loveUMom <3* . Ternyata ada temen sekelas yang suka tas itu & akhirnya dia pesen tas rajutnya sesuai warna yang dia suka…

    tahun ajaran berikutnya (udah naik kelas 3 nih..), ibu lagi seneng banget merajut baju barbie. Umh… barbie-barbie punyaku bukan asli barbie siih… tapi sukaaa karena kostum-kostumnya beda sendirii :).
    sampai suatu hari, janjian sama temen-teman buat bawa barbie ke sekolah. daann… ternyata temen-temen suka sama baju-baju barbie punyakuu, akhirnya mereka pesen buat barbie-barbie mereka… \(^o^)/
    (termasuk iseng ga sih bawa barbie ke sekolah…? 😛 )

    nah, sejak saat itu, adaa aja yg aku bawa ke sekolah: tempat tissu, dompet receh, & aksesoris dari manik-manik (masih buatan ibu <3 ), nitip jual es di kantin, sampai kertas surat warna-warni dijual per lembar =)) …
    Pernah juga nyewain koleksi buku, karena sekolah fullday, jadi bukunya bener-bener dibawa pake kardus mie & disewain di kelas. Sementara di rumah, gabung sama tetangga yg sekolah setengah hari, sebagian buku-buku disimpen di rumahnya. Hasil dari keuntungan bisa buat beli buku baruu :).

    Hal itu jadi kebiasaan di SMP, SMA, sampe kuliah… sayangnya waktu itu belum ngeh untuk berbisnis yang baik supaya berkembang, jadi, sering juga tuh kecampur sama uang pribadi & modal+untungnya dipake gitu aja, bukannya buat perkembangan bisnis hehe… tapi, aku tetep bersyukur banget… ga semua bisa ngalamin hal serupa.. sekarang pun sebenernya ayah melarang buat bisnis dulu krn kuliah ga selesai2 hehe.. tapi kadang aku pajang foto2 produk sbg display picture bb, ^^)v . yaahh.. aku sih mengartikan larangan ayah itu berarti ayah mau menyampaikan kalau setelah skripsi selesai aku boleh berbisnis lagi :).
    sejujurnya hanya menghadapi skripsi hari demi hari itu beradh syekali rasanya :p . kadang aku ngerasa salah jurusan lah, typing is not my type, kangen masa-masa buat handicraft, dll. Tapi, ya.. aku bayangin aja hadiah setelah skripsi selesai adalah bisa bisnis lagi, dengan lebih tenang krn udah ada restu orang tua-terutama ayah yg melarang bisnis sekarang-tentunya :). Aku pun kadang masih suka ikut seminar-seminar ttg bisnis atau sekedar baca buku/artikel ttg bisnis, supaya makin semangat… (^O^)9

    Semangat juga buat sobat Motty, apapun keadaan kalian sekarang; sekolah, kuliah, Skripsi, kerja, atau udah jadi orang tua bisnis itu bisa dimulai kapan ajaa, ga ada istilah 'terlalu muda' atau 'terlalu tua'… terus belajar, terus 'lapar'..
    FIGHT !! (^O^)9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *