Ngerjain Bule

Cerita Motivasi | 9 kelompok “orang bule” berlari-lari dengan back pack di belakang punggungnya.

Mereka melompat dari kereta setelah kereta itu merapat di stasiun kota Bangil, Jawa Timur. Bule-bule ini langsung mencari sebuah becak yang akan membawa mereka ke alun-alun kota, di mana mereka akan melakukan tantangan seru selanjutnya. Antara menggoreng telur ayam kampung di atas kepala mereka ~ dengan aksi debus ~ atau mengenakan topeng kepala singa seberat 20 kilogram berkeliling alun-alun sambil menari ~ aksi Reog Ponorogo.

Acara apa ini? Ialah “Amazing Race,” sebuah acara fenomenal besutan orang bule di belahan dunia sana, yang telah memasuki episode ke 21. Dalam acara ini, setiap peserta berlomba untuk mencapai garis finish lebih cepat dari peserta lain, di mana di setiap etape, peserta yang finish paling akhir bisa di eliminasi dari perlombaan. Dan, di antara garis start dan finish, mereka harus melewati begitu banyak tantangan seru, yang biasanya berkaitan dengan ciri khas budaya dan kebudayaan dari daerah yang mereka singgahi.

Banyak sekali drama dan komedi yang terjadi di setiap episodenya. Salah satunya adalah ketika bule-bule ini diharuskan mengendarai sebuah becak dari stasiun Bangil ke alun-alun kota, mereka harus mengendarainya bersama rekannya, dalam 1 becak yang sama. Nah, ada sepasang peserta laki-laki kekar yang tingginya 6 kaki 4 inci (ini besaran ukuran khas orang bule yang kalau di sentimeterkan menjadi sekitar ~ 190 senti). Jadilah kedua bule itu umpel-umpelan di becak mungil. Kebayang, betis tukang becaknya pasti nambah gede tuh ngegowes dua bule raksasa ^_^

Cara yang seru buat keliling dunia bukan? ^_^

Oh iya, sebagai hadiah utama, pemenang dari Amazing Race ini akan memenangkan uang tunai sebesar 1 juta dollar ^_^ bisa buat beli cendol, cukup buat 7 turunan 7 tanjakan.. muehehe ^_^

Pembelajaran apa yang mau Motty ambil dari acara ini? Banyak banget! Insya Allah beberapa akan Motty kicaukan dalam beberapa hari ke depan, satu akan Motty kicaukan hari ini.

Dalam hidup, ketika kita punya TUJUAN (Impian, cita-cita) maka langkah kita akan lebih terarah (dalam acara ini >> garis finish setiap etape sampai etape terakhir). Terlebih lagi, kita punya ALASAN KUAT kenapa kita harus mencapai tujuan tersebut (dalam acara ini >> uang tunai 1 juta dollar, juga hadiah hadiah lain di setiap etape). Dalam mencapai tujuan, akan ada TANTANGAN yang menghadang (dalam acara ini >> tantangan seru di setiap etape dari mulai debus sampai makan sup tuba falopi kodok).

Tapi ketika TUJUAN sudah jelas dan ALASAN KUAT sudah kita miliki, maka TANTANGAN akan kita nikmati, sebagai bagian dari KESUKSESAN yang akan kita raih di masa mendatang. Jika belum punya? Maka setiap tantangan akan kita lihat sebagai MASALAH yang akan membawa kita ke kondisi yang tidak lebih baik dari kondisi kita sekarang ini.

Pertanyaannya.. Sobat-Motty sudah punya TUJUAN dan ALASAN KUAT?

Coba sharing di komentar kicauan ini (cek bagian bawah banget dari halaman ini), dan bagikan inspirasi kepada Sobat-Motty yang lain tenang TUJUAN (Impian, cita-cita) serta ALASAN KUAT nya. BEST COMMENT Motty akan berikan 1 buah buku di program terbaru Motty >> #1hari1bukuGRATIS! (baca lengkap di sini >> #1hari1bukuGRATIS )

Selamat menikmati TANTANGAN hari ini Sobat-Motty!

#BigHUG and See you in the SKY!

CAKARRRR Motty di twitter ya: @MotivaTweet

 

40 responses on “Ngerjain Bule

  1. Keinginanku ada banyak. Ingin menjadi dokter dan juga punya usaha.
    ingin mencapai keduanya dalam satu waktu. namun sepertinya energiku belum cukup. jadi sekarang ingin memfokuskan diri dulu menjadi dokter kemudian baru merealisasikan tujuan lain. (walaupun tujuan lain itu sedikit demi sedikit mulai dibangun sejak sekarang)

  2. finally, di umur 28 taun, aq baru tau hidup seperti apa yg aq mau mot.. aq mau jadi full wife, full mommy, dan tetap berpenghasilan, jadi mandiri secara finansial.
    sekarang sdg berusaha diwujudkan semuanya sekaligus.. awalnya impianku semua fisik, mobil sebelum 30 tahun, sdh tercapai, rumah, lanjut studi spesialis..
    tapi dibalik itu semua, ternyata aq cuma pgn jadi 3 hal yg aq sebutin td, jadi istri dan ibu yg terbaik, tapi tetap mandiri dan berpenghasiln..
    doakan ya motty.. love u mot :)

  3. tjuqn hidup q adlh mmbntuk khidupan yg lbih baik di masa dpan , baik scra fisik, ilmu& finansial
    Alasan : karna dgn kmampuan finansial yg kuat , sya bisa beramal & brbgi dg ssama, ingin brbgi kebaikan ..
    :)

  4. Tujuan utama ku adalah masuk surga sama kedua orang tua. Well itu adalah tujuan ku setelah mati. Sebelum mati aku juga punya mimpi. Mimpi untuk bahagiain orang tua. Bakalan keren banget kalo bisa bahagian mereka di dunia & di akhirat. Terus caranya gmn bay? Caranya dgn mimpi lagi. Aku skrg ini bermimpi jadi seorang pengusaha yg penghasilannya 2 M per bulan sebelum umur 25 tahun. dgn penghasilan segitu, aku bisa naikin orang tua haji, ngajak org tua jalan ke tempat yg mereka mau, beli dream car, bantu sodara yg kesusahan finansial, dll. Dan yg paling penting bisa denger org tua bilang “ayah-ibu bangga punya anak sukses & soleh kayak kamu”. InsyaAllah kalo orang org tua udah bahagia, jalan menuju surga pun akan mudah. Krn ridho Allah itu ridho orang tua. Amiin masuk surga O:)

  5. Bismillahirrahmanirrahim..
    TujuanKU:
    Ingin KAYA

    Alasan KUATKU:
    Dg UANG berharap bs memenuhi semua impian (naik haji, menghajikan ortu, mempunyai sekolah, bahkan Masuk SURGA).
    Dg UANG kita dpt melakukan kebaikan dan Amal sebanyak yg kita inginkan. Insya Allah.aminkan ya Motty.

  6. TUJUAN:
    Aku jadi orang kaya, kaya dunia akhirat.

    ALASAN:
    Karena aku ingin memperbaiki kondisi desaku, memperbaiki pendidikan, agama, dan finansial, minimal di desaku.
    Dan yg pasti, karena aku ingin segera memberangkatkan orang tuaku haji dan umrah. Rasanya senang dan bahagia sekali bisa bermanfaat untuk orang lain mot^^

  7. Sy ingin benar2 bisa menguasai ilmu origami dan tahun depan kuliah jur psikologi. Mungkin bertanya apa hubungannya psikologi dan origami? Manfaat origami bnyak diantaranya bs mjd terapi penyakit strok , melatih motorik halus anak, dan melatih unt aktif menggunakan otak kanan,melatih kesabaran jg lho. Ketika ilmu psikologi sy kuasai , pengen bgt bs membantu anak2 yg mengalami trauma atau gangguan mental dg menggunakan metode origami sbg medianya. Yg pasti memberi bnyk kemanfaatan dari ilmu yg sy kuasai. :)

  8. Yang membuatku semakin kuat mott
    Disaat lebarab Qurban datang tidak cukup membelikan qurban untuk orang tuaku dan anak istriku, terpukul banget motty
    Alasan ini yg membuatku semakin kuat sekali mott krn blm bisa meberi maksimal kepada mereka
    Aku gak mau terjadi lg diakan datang

  9. insyaAllah KUAT dan JELAS bgttt mot, tahun depan maximal bulan april ak bisa membelikan rumah utk ortu pengganti yg dulu walaupun dg cara CICILAN !! tahun depan melanjutkan sekolah adek yg saat ini terpaksa blm bisa lanjut sekolah , dan dalam waktu dekat insyaAllah Desember punya ADIK ASUH , semoga Allah meridhoi , mohon do’a dan dukungannya yaa motty yaa :)
    #hug

  10. Hallooww Motty.. :))
    TUJUAN (Impian,cita-cita ) dalam hidupku ingin menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Membahagiakan Ibu,saudara2ku yang sudah berbuat baik kepadaku,dan akupun ingin mempunyai Panti Asuhan Anak Yatim Piatu,aku ingin membahagiakan dan menyekolahkan mereka,melihat mereka tersenyum dan tertawa bahagaia.
    Alasannya karna aku pernah merasakan menjadi seorang anak yatim..dan aku ingin memberikan yang terbaik untuk mereka..

  11. Tujuan utamaku, jelas jadi orang kaya dong Mot ^^, why? Karena aku pgn bangun sekolah gratis, masjid, pesantren gratis yg bernaung di yayasan milikku. Pgn ngajak sodara2, tetangga, teman2 yg belom naik haji. Yg pasti, my wealthy is not only for me, but also for everyone who needs help.

  12. Bismillah,,,
    TUJUAN (Mimpi/cita-cita) terbesar dan yang paling utama ku pastinya ingin mempersembahkan kesuksesanku dan segala jerih payah usahaku untuk orang tua ku. aku ingin di beri kesempatan untuk menghajikan orang tuaku dan mengajak mereka jalan-jalan ke tempat tempat indah di dunia ini. aku harus bisa membuat orang tua ku lebih menikmati hidup di sisa usia yang di berikan Allah untuk mereka. aku ingin bahagiakan mereka. HARUS BISA dan AKU YAKIN BISA.

    dan ALASAN KUAT ku itu pasti KEBAHAGIAAN ORANG TUA itu, itu harga mati dan gak bisa di tawar-tawar lagi.

    Aku harus buat mereka bahagia, aku ingin melihat senyuman mereka, aku ingin Mama dan Bapak bangga dengan aku.HARUS …

    *terkuras emosi ku untuk nulis ini*
    terima kasih motty, semoga bisa menjadi pemicu semangat untuk sobat motty yang lain nyaaa…

  13. Tujuan hidup……..
    Bermanfaat bg org byk…. Ingin punya usaha sendiri, inginnya jd produsen bkn jd distributor aja…. Krn ni daerah sy setiap yg jualan pasti kebanyakan yg jd distributor… Pengen nya punya karyawan sampek 4 digit jumlahnya…..

  14. Tujuan hidup saya,,,bisa membimbing dan mendampingi anak-anak saya agar menjadi pribadi yang bahagia…
    bisa memenuhi kebutuhan mereka ( jaman sekarang skolah mihiiilll …hehehe ),
    bisa ikut rapat di skul mereka
    bisa nganter anak-anak klo ada kegiatan di luar skul, bisa anter jemput anak sendiri ( pengennya pake mobil yg ada ACnya 😀 )
    ngerjain PR bareng, mandiin anak, nyuapin….dirumah yang luasss dan taman yg asri

    Dan saya memulainya dengan resign kerja dan memulai bisnis onlineshop, agar bisa terus disamping mereka dan pastinya tetep menghasilkan ya Mott.

    Sangat simple ya Mott…tapi memang itu tujuan saya…melihat senyum,tangis anak-anak itu tidak bisa diganti dengan rupiah yg kita terima sewaktu kerja kantoran ( maaf buat mommy yg masih ngantor jgn tersinggung yaa..piss :) )

  15. Mimpi saya pengen jadi Pilot Mott.. ^_^
    Soalnya mau ngebahagiain ortu yg berusaha banget2an agar saya bisa jadi Pilot. Lalu kalo udah sukses jadi Pilot mau berangkatin ortu pergi haji. Hehe ^_^

  16. Sebagai orang Islam, idealnya tujuan kita hanya satu, itulah DIA, Tuhan kita, ALLAH SWT, Yang Maha Rahman dan Rahiim, dan untuk menuju ke sana, DIA sudah memberikan cara, jalan, rambu-rambu, jika kita istiqomah ada di jalan-NYA, tiada sesuatu yang tidak mungkin, semua mungkin, semua bisa. Ilmu-NYA sangatlah luas, tak cukup air laut untuk menuliskannya, cara-NYA sangatlah banyak, kadang akal kita tak mampu menjangkau-NYA, kita hanya perlu tekad kuat, niat, dan action untuk menuju ke tujuan kita. Ketika kita sudah tahu tujuan kita, kita mempunyai alasan yang kuat untuk menarik perhatian-NYA, dengan cara apa? salah satunya tentu saja berkarya, berbagi, berbuat baik kepada siapa saja. Berkarya yang bagaimana? tentu saja kita harus siapkan action yang tepat, yang bisa menuntun kita terus melangkah untuk berbagi dan mendekati tujuan kita yang sebenarnya. Sebagai contoh kongkrit, seorang MOTTY, siapa sih atau apa sih motty ini, hehehe, sebagian besar kita nggak tahu, tapi kita begitu suka membaca tulisan-tulisannya, suka membaca ide-idenya, mendengarkan saran-sarannya, menanti kicauannya :-) ( motty seekor burung kan??? hahaha, maaf mot :D) dan kita merasakan manfaat kehadiran seorang motty dalam diri kita. Dan tanya aja Motty, apa tujuannnya melakukan itu semua, sangat yakin aku katakan, Motty ingin meninggalkan sebuah jejak, jejak yang akan membuat dia begitu mudah melangkah menuju tujuan yang sebenarnya…DIA. Dan begitu kita sudah menemukan tujuan kita yang sebenarnya, segala sesuatu akan terasa ringan dan mudah…. tanya aja Motty kalau nggak percaya… Hehe, Mot, terima kasih ya, aku belajar banyak dari Motty, belajar untuk berani melangkah, belajar untuk berani meraih impian-impian, meskipun saat ini belum sempurna, masih perlu perbaikan dan terus belajar, Kontribusi Motty gak akan pernah aku lupa… salam hangat buat MOTTY dan Kawan-kawan semua….

  17. Bismillah…
    Hmm,
    Berbicara tentang tujuan hidup…
    pasti nggak bisa dibilang simple :’)
    tapi yang paling ingin dicapai saat ini adalah:
    “Memberangkatkan Mom and Dad untuk naik haji”
    Alasannya jelas, sebagai bentuk bakti Nha kepada mereka, walaupun Nha Sadar, itu saja tak cukup membalas semua yang telah mereka berikan kepada Nha.Tetapi setidaknya itu bisa memberikan kepuasan tersendiri, bisa mewujudkan salah satu keinginan mereka untuk menapaki tanah suci, bisa membahagiakan mereka. Selain itu alasan lainnnya, Nha berharap ini bisa jadi salah satu bukti kalau Nha menjalankan apa Yang Tuhan Nha perintahkan kepada Nha “berbuat baik kepada orang tua” insyaAlloh nanti jalan erna untuk masuk surga lewat pintu ‘birrul walidain'(kejauhan yee???) ya nggak juga.. kan tiap Manusia ujung2nya pengen kesana, iya nggak Mott..? hehehe, Alasan lainnya lagi… Nha pengen membuktikan diri ;'( Pilihan hidup yang Nha jalani sekarang, yang selama ini mereka tentang habis2an…semoga bisa melunakkan hati mereka dan menerima bahwa inilah pihan Nha, menjadi seorang pengusaha (yang penghasilannya gak jelas, penuh resiko, dan gak ada kata santainya…)

    Doain ya Mott.. semua bisa terwujud :’) Aamiin :’)

  18. assalamualaikum
    salam semangat,impian terbesar saya adalah “Success Before 30 yr” utk mewujudkan tujuan itu saya memutuskn utk brhnti kuliah,lalu dgn modal kepercaya ortu angkat saya mendirikan usha jual sembako,sbuah keputusan akbar yg prnh ku ambil,krn ku pikir di saat tmn2 sebaya lu2s kuliah sy akn sibuk mmbuka usaha,sbnrny tujuanku sama sprti tmn2 pd umumny yaitu “ingin sucses” saya ingin jd pengusaha,teory bs di dpt smbil jln sedangkan pengalaman di dpt stlh melangkah,sy trlahir sbg pemenang jd hrusny sy malu brhnti sblm sampai tujuan,bnyk trbosn yg sy lakukan utk mncpai tujuan,slah 1 nya utk mnjg semangat setiap hari sy mndengarkn audio motivasi dari seorg mntor,trkhir sy ikut forex,krn di forex org bs kaya mndadak n miskin mndadak,tpi sblm mutusin gbg,sy mngenli kmmpuan trading ownr,dgn bismillah insyaAllah hsil akhir serahin kpdNya,yg pasti sy tdk mnyikn saat peluang itu dtg,n ksmptn ikut gbg ada,sy tdk peduli kata2 tmn2,yg brkta,itu mimpi bs kaya tnpa bkrja”terkadang saya perlu sediit tuli saat mengejar mimpi,krn bakalan banyak godaan yg bikin sy gk fokus”,jadilah si keras kepala ketika banyak yg menertawakn mimpimu,mari kita buktikan tertawa paling akhir itu nikmat ^_^,IMPIAN = TUJUAN.TULISKAN Impian2 KITA, kalo ngga tertulis biasanya Lupa, akhirnya cm jadi Lamunan sadja,Kalo ngga Punya Tujuan atau Rencana Hidup, kita cuma akan terombang ambing dlm Samudra Kehidupan,sy ingin menikmati kesucsesan bersama ortu,klg stlh menikah,shbt n mmberi nilai guna utk sesama,sprti memiliki ya2san yg di kelola shbt yg tentuny menguasai bidang trsebut,salam super,,kepanjangan ya motty curcolnya..:D..:P,,pokoknya,mimpi,aksi,pasion,doa,sukses,,Aamiin..”Jgn Mimpinya “Masya Allah”, tapi Sikapnya “Masya Gitu” he6x

  19. Mimpi memiliki usaha di bidang kuliner.Alasannya karena memang sejak kecil sangat suka memasak,dengan membuka usaha bisa membuka lapangan kerja baru bagi orang lain.Suksesnya jd gak sendirian tapi membawa berkah bagi sesama dan terutama ingin mempersembahkan kesuksesan untuk kedua Orang Tua

  20. Motty,,,TUJUAN saya hnya ingin hidup bermanfaat bagi org lain, bs snatiasa memberi/membantu kpd sorada2 yg membutuhkan baik scra moril/materi (senyum bahagia mereka adlh kebahagiaan saya) mka dari itu sy hrus bejuang dan berkerja keras untuk mendapat rezeki yg berkah dg cara mengembangkan usaha2 yg sdg sy jalani, doakan sy motty,,,:)
    @jasmine_nyla

    • Nyla, sebaiknya “bermanfaat bagi orang lain” nya di definisikan lebih nyata dan jelas ya.. misal: mendirikan bisnis sehingga bisa menyerap tenaga kerja, menjadi dokter/guru di daerah terpencil, dll.. jadi lebih KEBAYANG ^_^ #bigHUG

  21. Bismillahirrahmanirrahim. Impian sya 3 th ini banyak mot. Di khitbah 23-12-2012&menikah 3-3-2013(skrg blm ada.calonnya, modal believe in Allah&many actions). Punya usaha sendiri&brg suami. Menghajikan ortu. Pingin bangun panti kg mot. . Terlihat biasa&biasa bgt kan mot. Tp bismillah, tujuam kuat, dinikmati prosesnya. Asal Allah&doa sepasang bidadari (baru ortu)sudah di dapat, melanjutkan eksyen yg bertubi1. Semoga sobat motty jg tetep semabgatelalui prosew mjd hebat ya… Hope we could see on top ya 😉

  22. Sudah punya motty, Muehehehe…^_^

    Saya ingin jadi Millyuuunnneerrrrrr, alasan terkuat ingin bebas finansial, bebas waktu biar bisa kumpul bareng keluarga, bisa pergi haji maupun umroh bareng keluarga, bisa khusyuk beribadah kepada Allah SWT!!!

    Salam #BigHUG ^_^
    @eMHoeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *