Potret keluarga masa kini?

Cerita Motivasi | Jam dinding bundar berwarna merah itu sudah menunjukkan pukul 8 malam lewat beberapa menit. Langit mulai berubah menjadi gelap seiring dengan tergelincirnya matahari di langit timur.

(Hehehe.. Gimana Sobat-Motty, Motty gayanya dah kaya penulis yahud belom? ˆ?ˆ lanjuuuttt…)Terdengar suara mobil memasuki area parkir rumah bernuansa alam itu, dan beberapa detik kemudian terdengar suara pintunya terbuka dan tertutup.

Nampaknya si Ayah baru saja pulang dari aktifitas hariannya di kantor. Dengan tas laptop di tangan kiri dan kunci mobil di tangan kanannya, si Ayah disambut dengan sangat biasa oleh si Ibu – yang sedang menyiapkan makan malam buat si Ayah. Nampaknya si Ibu bersama si Anak sudah makan malam terlebih dahulu, terlihat dari wajah mereka yang tidak terlihat lapar sama sekali.

Si Anak ada di mana? Si Anak sedang ada di dalam kamarnya, bermain bersama dirinya sendiri..

Oh iya, ada satu detil yang terlupa diceritakan di atas.. Berikut detilnya..

> Di mobil tadi, sebelum mematikan mesin mobilnya, Si Ayah menulis status di facebook dan Twitternya: “Gila, jalanan macet banget! Mau jadi apa ini kota Jakarta!”

> Di dapur tadi, sebelum menyapa Si Ayah, Si Ibu sibuk memasak makan malam dengan sebuah gadget di tangan kirinya sambil menulis di Twitternya: “Malam ini ayam goreng sama lalapan buat Si Ayah, jam segini baru sampe dia”

> Di kamar tadi, si Anak sedang bermain NDS nya dan tentunya sebelum itu dia menulis di Twitternya: “PR baru selesai, saatnya refreshing balapan Mario Kart di NDS akuh”

Bisa ditebak bagaimana kelanjutan aktifitas di rumah yang “hangat” tersebut pada malam yang biasa itu?

Ya.. Masing-masing sibuk dengan “dunia dalam genggaman”nya sendiri. Dengan teman-temannya sendiri. Dengan “kehidupan”nya sendiri.

Tiada keakraban dalam makan malam bersama. Tiada “hari ini di sekolah ada yang seru Nak?” Atau “Bu, tadi Ayah di kantor dapet hadiah lomba karaoke lho…” Atau “Yah, tadi Ibu beli pot bunga baru biar taman kita makin berwarna”

Potret keluarga masa kini?

Ayo semua kita sadari dan ubah. Tidak perlu saling menunjuk, menyalahkan siapa-siapa. Yang perlu kita lakukan, sadari bahwa keluarga sangat memerlukan kehangatan yang nyata. Komunikasi renyah. Pelukan hangat. Senyuman manis. Saling bertukar cerita.

Letakkan “dunia dalam genggaman” kita itu sejenak Sobat. Dan genggam dunia yang paling berharga dalam rumah kita, keluarga kita sendiri.

Ingat.. Dalam kerja, utamakan kualitas. Dalam keluarga, utamakan kuantitas. Karena dalam kuantitas bersama keluarga, akan terbentuk kualitas yang seutuhnya.

Selamat bercengkrama bersama orang-orang yang paling berarti untukmu Sobat. Sampaikan salam dan #BigHUG dari Motty ya ˆ?ˆ

52 responses on “Potret keluarga masa kini?

  1. cerita ini sangat berhubungan sekali dgn yg ada di link di bawah ini. jujur sedih bacanya, walopun saya mah masih single 😀

    http://www.yuswohady.com/2012/10/06/family-3000-alien-home/

  2. Thank’s motty, jadi ingin pulang kembali ke rumah mendekap anaak-anakku yang sementara ini kutinggalkan………
    luar biasa motty…………

  3. iya bgt Mottyy… karena buat anak2 kita, dunianya adalah yang dapat memberikannya segalanya, jangan berikan kenikmatan itu pada siapapun, atau apapun. Mesti be;ajar lagi nih jadi ibu yang baik buat Namiraku, dan istri yang baik untuk Aaku.. Trims Motty..

    Ijin copas ya, boleyy ?? Muuachh..

  4. ijin share tulisannya yaa,,,
    tengkyu…

  5. gak kebayang kalo punya keluarga seperti itu

  6. setuju pak…saatnya kita menjadikan ‘rumah’ sebagai tempat bagi ‘sebuah keluarga’ yag sesungguhnya.

  7. Jangan karena kerjaan keluarga menjadi kurang kehangatan..
    Terkadang uang bukan segalanya klo ga ada kebahagiaan dari keluarga..
    Bener ga mooty?klo salah dikoreksi ya..hehe

  8. Dear Om Motty,,

    Gak kerasa air matanya mengalirrr saat baca ini,, hikss hikss…

    ijin RT yaa Om Mott,, Tengkiuu

  9. Seperti pepatah baru yg sering kita dengar akhir2 ini, gadget mendekatkan yg jauh dan menjauhkan yg dekat, sebisa mungkin tidak memegang gadget saat bersama teman, keluarga atau pasangan kita.

  10. bener mot,blackberry,android,ipad dll malah kdg menjauhkan kita dari dunia yg sesungguhnya dan kdg buat kita mlh freak di dunia maya,aah tersentuh sekali dgn tulisannya,

  11. makasih yah Mot, ketampar banget baca tulisan kamu.. inspiring me so much..thanks a lot *hugs

  12. ijin share ya mott….

  13. Izin Share ya Mott Tulisannya, Terima kasih

    • Ngga perlu ijin ˆ?ˆ hak cipta hanya milik Tuhan… Wajib #TekBar alias Praktek dan Sebarkan ˆ?ˆ

      Trims sudah main ke #WebMotty dan isi komentar ya ˆ?ˆ #BigHUG

  14. crita yg singkat tp sangat mantaaaap isinya…Zuper motty.
    alhamdullilah, walo ga eksis di dunia maya, tp saya & suami hampir slalu berpelukan sblm pergi ke ktr masing2 & slg mendoakan (makin lama doanya makin lama pelukannya deh..). Makasih motty sdh menyadarkan pentingnya komunikasi.#BIGHUG for motty

    • waaww.. senang sekali mengetahui kehangatan Sis Emma bersama pasangannya ˆ?ˆ semoga tulisannya bermanfaat..

      Trims sudah mampir ke #WebMotty dan mengisi komentar yaaa ˆ?ˆ #BigHUG

  15. bersyukur aku masih memiliki kehangatan dalam keluarga mot :))

  16. hmm..itu sebuah potret kebanyakan kluarga skrg(bukan smua ya,noted), terlebih di kota besar…terlihat keren di dunia maya,tp kualitas sesama kluarga kurang..”mendekatkan yg jauh menjauhkan yg dekat, terlebih ke kluarga…ga mau begituu nanti..hidup spt robot..

  17. Outch!!aq kena neh….bnr bgt….hrsx dunia maya lnjt, kehangatan jg terush…ap yg diobrolin d dunia maya enaknya diobrolin jg di tengah2 keluarga…

  18. *baru baca
    *langsung bagi2 cerita ini ama orang lain.., ^^

    ^^
    Motty..,
    terima kasih untuk kisah (dan “jebakan kejelian” nya)
    yang sangat #ZUPEEERR.,

    ^^

    Semoga di Indonesia ini semakin banyak “MOTTY-MOTTY” lainnya., ^^

    amin.,
    ^^

    ‘POTRET DIRI PRIBADI DENGAN POSITIF, AGAR MAMPU MENGHARGAI DIRI SENDIRI’

  19. Thanks Motty inspirasinya….
    Semoga Dunia Maya dan gadgets yg Semakin canggih ngga sampai membuat Kita lupa Akan kehidupan yg real… Semoga masih Ada kehangatan yg sesungguhnya dalam diri Kita,kehangatan yg tulus bagi keluarga Dan sesama :)

    Love u MotivaTweet….BigHug!

  20. potret sebuah keluarga yang telah terkena efek perkembangan zaman!!

  21. Pengen nangis mott :'(
    Itu potret keluarga saya banget
    tegur sapa yg sangat jarang..
    saya sedih bacanya..
    :'(

  22. ini tuh nyata banget ya… fakta kehidupan masa kini..
    ponakan aku aja udah bisa protes…
    “Ibu main sama hapenya, Ayah main sama hapenya,, Rafi maen sama siapa….???” dan itu ngedengernya miris bgt.

  23. “Dalam kerja, utamakan kualitas. Dalam keluarga, utamakan kuantitas.”

    JLEBB!

    *udh gak sabar pengen pulang ngelonin anak :(

  24. Keren banget Motty tulisannya #BigHug
    Bener-bener buat jadi bahan introspeksi 😀
    Duluuu aku juga sempat terlalu sibuk sama BB, Mott 😀 Tapi sekarang udah gak lagi. Terutama kalau lagi kumpul sama keluarga, BB dkk “dikandangin” di dalam tas hehehe :3

    • senang sekali.. semoga bisa menjadi bahan renungan supaya kita bisa memperbaiki diri ya Sis Putri .. langkah yang keren sekali demi menghangatkan keluarga

      Trims sudah mampir ke #WebMotty dan mengisi komentar yaaa ˆ?ˆ #BigHUG

  25. benerr kaya gtu tuh, semua asik dg dunia sendiri, dirumah klo ga asik dgn hp, pc, tv. di tempat umum, ruang tunggu pun ga jauh2 dr gadget. sgitu sibuknya, ga sempat kenalan ma yg disamping.. heehhe.

  26. aku merinding bacanya mott..
    terima kasih sudah mengingatkan kami….
    saya akan menjaga keluarga saya dengan baik.. :)

  27. Kereeenn bgt tulisannya!!
    Perlu introspeksi :)
    eh ommot..pantes ni kl misal nulis novel.ceritanya bagus.. :)

    • Aiiih ˆ?ˆ maaciy lho ˆ?ˆ Motty masih perlu banyak belajar menulis ˆ?ˆ Semoga bermanfaat..

      Trims sudah main ke #WebMotty dan isi komentar ya Sis Anggit ˆ?ˆ #BigHUG

  28. keren kak motty, tapi kak diawal koq matahari tergelincir dilangit timur, bkn nya matahari tenggelam ke barat ya kak? 😀

  29. WOW!!

    Memprihatinkan sekali melihat realita itu mott, diriku sangat bersyukur karena Tuhan memberikan keluarga yang sangat saling menghargai dan penuh kehangatan, bahkan dek sekar, adek ku yang masih kelas 2SD pun terkadang mengejutkan ku dengan hal-hal yang nggak ku sangka.

    Misalnya tadi pagi ketika bangun ternyata Dek Sekar udah ngasih semacam surat yang ditempel di lemari pakaian ku, isi utamanya kurang lebih doa kyk gini :

    Mas, semoga jadi Pengusaha yang sukses ya..
    ^_^ satu hari sebelumnya dia juga ikutan gambar Klinik Anak di DB ku, dia pengen jadi Dokter Anak..

    Doa’in kami ya mott.. :) makasih

  30. Motty.. thank’s bgt tulisannya… smakin mengingatkan aku ttg orang2 yang aku cintai.. inilah hidup kita, hidup di dunia nyata bukan hidup di dunia maya.. :)

  31. Bagus bgt mott….?????? juga merasa waktuku kurang utk anak….mulai hr Ï?ï aku mau tambah kuantitas waktuku utk anakku…..ˆ?ˆ

  32. Seperti biasa tulisan Motty selalu #Zuper deh :)
    Iya bener bgt Mot, kadang dunia dalam genggaman itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yg dekat.. Semoga kita gak dikontrol dengan gadget itu
    Have a nice day Motty ^^

    • terima kasih ucapan #ZUPER nya ^^

      semoga kita semua bisa introspeksi diri ya.. marii sama2 ^^

      trims sudah main2 kemari dan isi komentar ya Bro Ariyo ^^ #BigHUG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *